Webinar Prodi Manajemen “Adapt PaWorkshop Implementasi Kajian Hukum Militer dalam Tri Dharma Perguruan Tinggindemic With Innovation” untuk memberikan pencerahan bisnis yang adaptif terhadap perubahan.

SLEMAN – Program Studi Hukum Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Prodi Hukum FES Unjaya) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) menyelenggarakan Workshop pengembangan Dosen Prodi berkaitan dengan Implementasi Kajian Hukum Militer Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan secara Daring menggunakan aplikasi Zoom pada Jum’at, (17/09/ 2021). Kajian hukum militer merupakan keunggulan atau penciri Prodi sebagai pembeda dengan Prodi hukum lainnya. Kajian hukum militer akan diintegrasikan secara strategis dalam matakuliah-matakuliah yang relevan yang ada di Prodi hukum. Oleh karena itu kajian hukum militer akan ditafsirkan, di transformasikan, dideskripsikan, dan diintegrasikan kedalam seluruh kegiatan tridarma perguruan tinggi di lingkungan Prodi hukum FES Unjaya. Dalam melaksanakan pengembangan kajian hukum militer sebagaimana dimaksud maka dibutuhkan pengembangan kompetensi dosen khususnya berkaitan tentang pengajaran di bidang kajian hukum militer. Dosen- dosen yang menjadi pengampu mata kuliah hukum militer tidaklah sembarangan karena dosen tersebut harus mampu menerapkan pemahaman pendidikan hukum militer kepada mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. Oleh karenanya perlu pendalaman materi berkaitan dengan kajian hukum militer agar dapat mewujudkan  visi misi serta penciri Prodi dengan baik.

Dalam penyelenggaraan workshop ini, institusi atau perguruan tinggi yang yang dipilih untuk memandu jalannya workshop adalah Institusi yang menyelenggarakan Pendidikan, Pengajaran, dan Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat di bidang hukum militer dengan bekerja sama dengan STHM dengan menghadirkan Pembicara, Brigjen TNI Dr. I Made Kantikha, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Ketua STHM. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 120 menit ini dihadiri oleh para Dosen Prodi Hukum Unjaya yang dipandu oleh pembawa acara sekaligus moderator yaitu Bapak Ariesta Wibisono Anditya, S.H.,M.Kn., M.H., selaku dosen Prodi Hukum FES Unjaya,  kemudian acara dimulai dengan sambutan oleh Dekan FES Unjaya, Bapak Edhy Tri Cahyono., S.Si., M.M. Dalam sambutannya, Dekan FES memberikan apresiasi kepada Prodi Hukum FES Unjaya atas penyelenggaraan acara workshop. Beliau juga berharap melalui forum ini bisa lebih memotivasi para dosen dalam melaksanakan tri dharma guna mengembangkan prodi berkaitan dengan keunggulan nya yaitu kajian hukum militer. Sedangkan dalam paparannya, Brigjen TNI Dr. I Made Kantikha, S.H., M.H., menyampaikan paparan mengenai implementasi kajian hukum militer dalam Proses Pembelajaran/Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta bagaiamana cara pengintegrasian kajian hukum militer ke dalam mata kuliah hukum lainya ataupun di dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Secara keseluruhan penyelenggaraan kegiatan workshop ini dapat berjalan dengan lancar hingga tahap akhir. Acara ditutup oleh moderator dengan membacakan beberapa kesimpulan serta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan acara dan kepada peserta workshop atas partisipasinya. Prodi Hukum FES Unjaya berharap dapat terus menyelenggarakan acara yang memberi manfaat yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat sebagai bentuk perwujudan peran tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. [hukum/kpp]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.