Webinar Nasional Psikologi Unjaya “The Future of Military Psychology”

SLEMAN – Program Studi Psikologi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakara (Prodi Psikologi FES Unjaya) menyelenggarakan Webinar Nasional Psikologi Militer dengan Tema The Future of Military Psychology pada hari Sabtu (11/12/2021) Pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB, melalui media Zoom Meeting dan YouTube. Webinar Nasional Psikologi Militer dihadiri oleh 3 Narasumber. Narasumber pertama yaitu Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog., yang merupakan Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut, dengan membawakan materi terkait Peran Akademisi dalam Bidang Psikologi Militer. Narasumber kedua yaitu Brigjen TNI I Made Riawan, S.Psi., M.IP., yang merupakan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat, dengan materi Peluang Karir TNI bagi Lulusan Sarjana Psikologi. Narasumber ketiga yaitu Kolonel Kes Zamzani, M.Si., yang menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Psikologi Personel Dinas Psikologi Angkatan Udara, dengan materi terkait Tips Menghadapi Psikotes di Lingkungan Militer Pasca Pandemi. Beliau menggantikan Marsekal Pertama TNI Drs. Laksana Heryanto, M. Si., yang merupakan Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara.




 

Webinar Nasional Psikologi Militer ini dibuka oleh Rektor Unjaya, Dr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T., IPU., dan juga dihadiri Dekan FES Unjaya, Bapak Edhy Tri Cahyono, S.Si., M.M., Wakil Dekan 1 FES Unjaya, Bapak Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog., dan Ketua Prodi Psikologi Unjaya, Ibu Dian Juliarti Bantam, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang diikuti oleh kurang lebih 500 peserta, yang berada di zoom dan Youtube. Pada kesempatan tersebut Rektor Unjaya sebagai Purnawirawan TNI menyampaikan salam kepada 3 narasumber webinar yaitu KadispsiAD Brigjen TNI I Made Riawan, S.Psi., M.IP, KadispsiAL Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog, dan Kepala Sub Dinas Psikologi Personel Dinas Psikologi Angkatan Udara  Kolonel Kes Zamzani, M.Si. Selain itu, Rektor memberikan apresiasi kepada Prodi Psikologi Unjaya telah menyelenggarakan Webinar Nasional Psikologi Militer yang kedua. Webinar yang dilaksanakan pada tahun ini mengenai psikologi militer bagi masa depan. Dengan webinar ini diharapkan akademisi, mahasiswa maupun masyarakat umum memiliki gambaran mengenai hubungan antara pendidikan dan militer serta peluang dibidang militer khususnya bagi sarjana psikologi.





Acara Webinar ini tidak hanya dihadiri oleh Civitas Akademika Unjaya maupun Masyarakat Yogyakarta, tetapi juga dari berbagai daerah misalnya dari Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Tegal, Bandung, Pelembang, Bengkulu, Padang, Aceh, NTB, dan sebagainya. Selain itu juga, dihadiri oleh berbagai kalangan atau instansi misalnya dari Sekolah, TNI AL, AU dan AD, Puskesmas, Rumah Sakit, Anggota PIO (APIO), maupun Universitas lain. Melalui webinar ini diharapkan masyarakat mampu mengenali peran-peran lulusan psikologi di dunia militer, dan semakin mampu membeikan gambaran seputar kerjasama yang dapat dilakukan oleh akademisi, masyarakat dan TNI. Diharapkan Webinar Nasional The Future of Military Psychology dapat bermanfaat bagi lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.