Sharing Session “Peran Profesi Hakim dalam Mengurai Permasalahan Hukum di Masa Pandemi”

SLEMAN – Program Studi Hukum Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Prodi Hukum FES Unjaya) bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Sleman dan Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Webinar Berseri, dimana pada seri kali ini berkaitan dengan profesi Hakim dengan tema “Peran Profesi Hakim dalam Mengurai Permasalahan Hukum di Masa Pandemi”pada Sabtu, (26/06/2021).

Hakim merupakan cerminan begawan Ilmu Hukum. Kebijaksanaan, Kepandaian, dan kecakapannya dalam sosoknya terbentuk dari paduan wawasan yang baik mengenai hukum serta penguatan kepribadian yang berintegritas. Hakim merupakan inti proses penegakan keadilan di ruang Pengadilan. Hakim harus mampu menerapkan berbagai lapis keilmuan khususnya ilmu hukum. Hakim dituntut mampu menggali hukum, menemukan hukum dan menciptakan hukum. Calon sarjana hukum diharapkan memiliki kemampuan dan karakter khusus seorang hakim yang hendak disampaikan dalam Sharing session ini. Pada sharing session ini akan difokuskan membahas ranah hukum sipil dan hukum militer. Selain itu, penyelenggaraan acara ini juga untuk lebih mengimplentasikan dan mempererat jalinan kerja sama yang sudah dibentuk antara FES Unjaya dengan kedua Intitusi tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang Narasumber, yaitu Ibu Irawati, S.H., M.Kn., selaku Hakim di Pengadilan Negeri Sleman, dan Bapak Mayor CHK Moch. Arif Sumarsono., S.H., M.H., selaku Hakim sekaligus Wakil Kepala Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta yang di pandu oleh Muhammad Ghoffar Ali, mahasiswa Prodi Hukum FES Unjaya yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan 1 FES Unjaya, Bapak Adi Heriyadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 FES Unjaya memberikan apresiasi kepada Prodi Hukum FES Unjaya atas penyelenggaraan acara webinar berseries berkaitan dengan profesi hukum ini. Beliau juga berharap melalui forum ini bisa lebih memotivasi mahasiswa dalam menentukan profesi dan karir yang di cita-citakan.

Dalam paparannya, Narasumber pertama menyampaikan mengenai proses pemeriksaan perkara pidana di masa pandemi, perubahan apa saja yang terjadi pada proses beracara pidana serta menyampaikan berkaitan dengan gambaran proses peradilan perkara baik pidana maupun perata yang dapat diselesaikan secara daring. Sedangkan Narasumber kedua dalam paparannya memberikan materi pokok mengenai serunya berkarir di dunia hukum sebagai seorang hakim sekaligus sharing pengalaman berprofesi sebagai seorang hakim di Pengadilan Militer. Selain itu Narasumber menyampaikan bagaimana proses pemeriksaan perkara pidana militer di masa pandemi. serta memberikan motivasi kepada peserta sekaligus mahasiswa hukum khususnya dalam menggapai cita-cita sebagai penegak hukum.

Secara keseluruhan penyelenggaraan kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar hingga tahap akhir. Acara ditutup oleh moderator dengan membacakan beberapa kesimpulan serta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan acara dan kepada peserta webinar atas partisipasinya. Prodi Hukum FES Unjaya berharap dapat terus menyelenggarakan acara yang memberi manfaat yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat sebagai bentuk perwujudan peran tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.