Prodi Psikologi UNJAYA Gelar Webinar Nasional Psikologi Militer

SLEMAN – Program Studi Psikologi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakara (Prodi Psikologi FES UNJAYA) menyelenggarakan Webinar Nasional Psikologi Militer dengan tema Military Psychology for Society pada hari Jum’at (18/12/2020) Pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB, melalui media Zoom Meeting dan YouTube.

Webinar Nasional Psikologi Militer ini menghadirkan 3 Narasumber,  yaitu Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog., (Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut) yang menyampaikan materi terkait Peran dan Tantangan Pelaksanaan Tridharma dalam Dunia Militer. Kolonel CAJ. Drs. R. Tagar Pujasambada, M.Psi., Psikolog., (Sekertaris Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat) yang menggantikan Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC. (Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat) yang berhalangan hadir karena sakit, yang menyampaikan materi terkait Sosial Media dan Konflik dari Sudut Pandang Militer, dan Marma TNI Drs. Laksana Heryanto, M. Si., (Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara) yang menyampaikan materi terkait Tips Menghadapi Psikotes di lingkungan Militer pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Webinar Nasional Psikologi Militer ini dibuka langsung oleh Rektor UNJAYA, Brigjen TNI (Pur) Dr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T., IPU., yang didampingi oleh Dekan FES UNJAYA, Edhy Tri Cahyono, S.Si., M.M., Wadek 1 FES UNJAYA, Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog., dan Ketua Prodi Psikologi FES UNJAYA, Dian Juliarti Bantam, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dalam sambutannya, Rektor UNJAYA menyampaikan bahwa TNI dan Dunia Akademis memiliki keterkaitan erat dan akan saling mendukung satu sama lainnya, dimana salah satunya melalui dalam dunia Psikologi dan contoh nyatanya adalah dalam Webinar Nasional ini dengan mengangkat Tema Psikologi Militer untuk Masyarakat. Selnajutnya Rektor UNJAYA juga berharap para Narasumber dapat memberikan gambaran yang jelas tentang Psikologi Militer dan prospeknya dbagi lulusan Prodi Psikologi yang kaan berkarir di Dunia Militer serta manfaat lainnya bagi masyarakat.

Kegiatan Webinar Nasoional ini diikuti oleh kurang lebih 500 peserta dari berbagai daerah misalnya dari Surabaya, Jakarta, Semarang, Pelembang, Bengkulu, Padang, Aceh, Kudus, NTB, dan sebagainya. Selain itu juga, dihadiri oleh berbagai kalangan atau instansi misalnya dari Sekolah, TNI, POLRI, Puskesmas, Universitas maupun peserta umum. Melalui Webinar Nasional ini diharapkan masyarakat mampu mengenali peran-peran lulusan Psikologi di Dunia Militer dan semakin mampu membeikan gambaran berbagai sinergi yang dapat di bangun antara dunia akademis dan militer terkait ilmu psiologi yang dapat bermanfaat bagi lapisan masyarakat.[psikologi/kpp]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.