Prodi Manajemen Unjaya Berkolaborasi dengan HIMMA dan KSBI Selenggarakan Webinar Menjadi Smart Entrepreneur

Webinar Menjadi Smart Entrepreneur
Prodi Manajemen berkolaborasi dengan HIMMA dan KSBI Unjaya selenggarakan Webinar Menjadi Smart Entrepreneur

Prodi Manajemen (S1) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) dan Kelompok Studi Bisnis dan Inovasi (KSBI) menyelenggarakan webinar dengan judul “Menjadi Smart Entrepreneur” di Era Digital dengan mengusung tema “Optimalisasi Strategi Pemasaran Bisnis di Era Digital (Sudut Pandang Akademisi dan Praktisi)” pada Kamis, 30 Juni 2022 yang dihadiri 217 peserta. Tujuan dari webinar ini yakni untuk memahami bagaimana kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang “Smart Entrepreneur” serta bagaimana pentingnya strategi marketing bagi seorang wirausaha di era digital seperti sekarang ini.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (FES UNJAYA) Edhy Tri Cahyono, S.Si., M.M. menyampaikan bahwa berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS diperoleh data proporsi penduduk usia muda lebih besar jika dibandingkan penduduk usia tua, di mana generasi muda ini sudah terbiasa dengan dunia digital sejak mereka lahir. Untuk itu para pelaku  bisnis tentu harus cerdas dalam memanfaatkan sarana digital marketing untuk dapat menguasai pasar.

Webinar - Menjadi Smart Entrepreneur
Pemateri pertama – Dr. Dwi Martiyanti, S.E., MBA. seorang akademisi dari Universitas Mulawarman

Narasumber pertama adalah Dr. Dwi Martiyanti, S.E., MBA. seorang akademisi dari Universitas Mulawarman. Keahlian beliau adalah manajemen pemasaran dan telah menyelesaikan disertasi dengan topik penelitian digital marketing di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dipandu oleh moderator Murwani Eko Astuti, S.E., MBA, dosen Prodi Manajemen Unjaya, sesi pertama webinar berlangsung selama 60 menit. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan alternatif pemasaran secara digital selain untuk memasarkan produk dapat menjadi media komunikasi dengan konsumen. Pemasaran di media sosial dapat dilakukan secara hard selling maupun soft selling. Dari berbagai survey diketahui generasi millenial adalah pengguna media sosial terbesar baik dari jumlah konten yang dishare, jumlah like, followers dan durasi interaksi. Selain bermanfaat bagi produsen, konsumen juga memperoleh manfaat dari digital marketing yakni adanya pertimbangan dalam membeli produk karena telah ada review dari konsumen terdahulu terhadap produk yang dipasarkan.

Webinar - Menjadi Smart Entrepreneur
Pemateri Kedua – Yohan Agustian, seorang praktisi yang merupakan Founder dan CEO Of MEA Digital Marketing Agency Trainer, Speaker, Network Marketing Leader Business Development Specialislist

Narasumber kedua adalah Yohan Agustian, seorang praktisi yang merupakan Founder dan CEO Of MEA Digital Marketing Agency Trainer, Speaker, Network Marketing Leader Business Development Specialis List. Dipandu oleh moderator Krisna Mutiara Wati, S. E., M. Sc., dosen Prodi Manajemen Unjaya, sesi kedua webinar berlangsung selama 60 menit. Dalam paparannya beliau menyampaikan perlunya tujuan utama dalam berbisnis agar bisnis kita dapat berkembang. Dalam menentukan produk yang akan kita jual, perlu kita ketahui kebutuhan konsumen dan masalah yang dimiliki konsumen. Sehingga produk yang akan kita jual sudah pasti akan ada yang membeli dan memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Selain itu beliau juga memberikan tips untuk memulai berbisnis, yaitu pertama melakukan riset pasar, kedua melakukan verifikasi offline dan online dengan disesuaikan dengan demografi, ketiga memulai untuk promosi di sosial media sesuai dengan target pasar yang kita butuhkan.

Webinar - Menjadi Smart Entrepreneur
Dokuementasi Peserta

Webinar ini diakhiri dengan foto bersama yang dipandu oleh Nadia Suci Dewi, mahasiswi Prodi Manajemen Unjaya dan pengisian presensi dan pembagian sertifikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.