Prodi Hukum Gelar Webinar Internasional Hukum Indonesia Kamboja

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Prodi-Hukum-Gelar-Webinar-Internasional-Perbandingan-Hukum-Indonesia-Kamboja.jpg

SLEMAN – Program Studi Hukum Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Prodi Hukum FES Unjaya) menyelenggarakan Webinar Internasional Hukum dengan tema “Pengantar Perbandingan Hukum Kamboja dan Hukum Indonesia” pada Sabtu, (29/01/ 2022). Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan yang bermuatan “perbandingan” tentang apa yang beda dan apa yang sama dalam pada sistem hukum Kamboja dan Indonesia dimana kedua sistem hukum di negara tersebut dapat dikatakan berasal dari akar yang sama yakni sistem hukum Perancis. Kesamaan asal-usul sistem hukum inilah yang menjadi daya tarik perbandingan, bahwa dari satu akar yang sama lantas apa yang membuat keduanya menjadi sungguh sangat berbeda sekaligus mencari persamaannya. Peserta Webinar Internasional Hukum ini berasal dari Malaysia, Singapura, dan Kamboja yang di buka secara langsung oleh Wakil Rektor 1 Unjaya, Wenny Savitri, S.Kep., Ns., MNS. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 Unjaya memberikan apresiasi kepada Prodi Hukum FES Unjaya atas penyelenggaraan acara Webinar Internasional ini sebagai bentuk diskursus keilmuan antar negara sehingga dapat memberikan wawasan yang luas, bukan hanya bagi sivitas akademikan Unjaya, namun juga untuk masyarakat umum.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah sambutan-bu-Warek-1.jpg
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah peserta.jpg
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Pemateri-Pertama-Re-pengleang.jpg
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Pemateri-kedua-Ariesta-Wibisono-Anditya-S-H-M-Kn-M-H.jpg
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Moderator-dan-Pemateri-kedua.jpg

Acara ini dibawakan oleh 2 orang Master of Ceremony yaitu Thalia Christine dan Alexia Zefanya. Selain itu juga dimoderatori oleh 2 orang yaitu Fauzi Muntaha dan Hero Yohanes. Keempatnya merupakan Mahasiswa Prodi Hukum FES Unjaya yang bertalenta sehingga mampu mengarahkan jalannya acara dalam bahasa universal yaitu Bahasa Inggris. Materi dipaparkan oleh 2 orang pembicara yaitu, Mr. Re Pengleang, seorang pengacara dan praktisi hukum di Kamboja, dan Bapak Ariesta Wibisono Anditya, S.H., M.Kn., M.H., yang merupakan Dosen Prodi Hukum FES Unjaya. Mr Re Pengleang membawakan topik mengenai pengantar hukum Kamboja sedangkan Bapak Ariesta Wibisono Anditya membawakan topik mengenai pengantar hukum Indonesia.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Whats-App-Image-2022-01-29-at-11-39-20.jpg
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Panitia.jpg

Kegiatan Webinar Internasional ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, diikuti oleh lebih dari 210 peserta dari seluruh Indonesia dan Asia. Para peserta berasal dari berbagai kalangan baik dari kalangan akademisi, mahasiswa, praktisi hukum, pegawai negeri sipil, penegak hukum baik dari negara Indonesia maupun luar Indonesia, juga dari kalangan masyarakat umum yang tertarik dengan tema ini. Antusiasme peserta cukup tinggi dalam mengikuti jalannya webinar nasional ini terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya dan berdiskusi. Bahkan diskusi dilakukan dengan interaktif menimbang berbagai kalangan ‘haus’ akan pengetahuan dan penasaran terhadap cara kerja hukum di negara Kamboja. Secara keseluruhan penyelenggaraan kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar hingga tahap akhir. Acara ditutup oleh moderator dan Master of Ceremony dengan membacakan beberapa kesimpulan serta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan acara dan kepada peserta webinar atas partisipasinya. Prodi Hukum FES UNJAYA berharap dapat terus menyelenggarakan acara yang memberi manfaat yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri  sebagai bentuk perwujudan peran tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat dari Unjaya untuk Indonesia.

  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.