Bersinergi dengan Kowad Korem 072/PMK, Prodi Psikologi Gelar PKM

YOGYAKARTA – Bertepatan dengan HUT Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) ke 59 dan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Prodi Psikologi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (FES UNJAYA)  bersinergi dengan Kowad Korem 072/PMK menyelenggarakan dialog dan diskusi dengan tema “mengajarkan nilai-nilai anti korupsi pada anak sejak usia dini” dalam rangkaian Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertempat di ruang serbaguna Korem 072/PMK pada Rabu, (23/12/2020). Acara di mulai dengan sambutan dari perwakilan Kowad Korem 072/PMK yang disampaikan oleh Letkol Ckm dr. Virni Sagita Ismayawati, MARS yang sehai-hari menjabat sebagai Dandenkesyah 04.04.02. Dalam sambutannya, Letkol Ckm dr. Virni Sagita menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi dan terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anggota Kowad yang notabene adalah ibu dari anak-anak dan istri dalam rumah tangga.

Dalam penyampaiannya, narasumber pertama, Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog., yang sehari-hari Wakil Dekan 1 FES UNJAYA menyampaikan materi berjudul peran keluarga dalam membentuk generasi anti korupsi. Dalam paparannya Adi Heryadi menyampaikan bahwa keluarga adalah ujung tombak pendidikan karakter anak-anak dan orang tua adalah model yang paling utama yang menjadi rujukan dan contoh perilaku bagi anak-anaknya sehingga ketika orang tua dan keluarga mampu memberi tauladan yang baik dalam sikap dan tingkah laku maka akan terbentuk lah anak-anak atau generasi anti korupsi. Sementara narasumber kedua , Hesty Yuliasari,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. yang menyampaikan materi tentang tahap perkembangan anak dan penanaman nilai anti korupsi menyampaikan contoh-contoh perilaku yang bisa dilakukan para ibu dalam menanamkan sembilan nilai anti korupsi dilihat dari aspek perkembangan usia anak-anak, dan yang menjadi fokus diskusi kali ini adalah usia perkembangan anak sejak 0 hingga 12 tahun.

Para anggota Kowad yang memang memiliki putra-putri di usia tersebut antusias mengikuti materi dan acara juga diisi dengan dialog dan sharing pengalaman. Kegiatan PKM ini merupakan bagian dari implementasi Prodi Psikologi yang menjadikan kajian psikologi militer sebagai  keunggulannya, demikian Kaprodi Psikologi FES UNJAYA, Dian Juliarti Bantam, S.Psi., M.Psi., Psikolog., menutup rilisnya kepada redaksi unjaya.ac.id. [kpp]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.