Bangkitkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, BEM FES UNJAYA Gelar Webinar Kewirausahaan

Webinar Nasional
Webinar Nasional Kewirausahaan BEM FES – Bersama Kami Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Yang Kompeten, Unggul, Kreatif dan Terdepan

SLEMAN – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (BEM-FES UNJAYA) gelar Webinar Nasional Kewirausahaan dengan mengusung tema “Bersama Kami Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Yang Kompeten, Unggul, Kreatif dan Terdepan” yang diikuti 119 peserta pada Sabtu, (16/04/2022). Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah memahami strategi membangkitkan jiwa wirausaha, mengambil peluang dan memanfaatkan platform digital untuk memulai wirausaha.

Pembicara 1
Suyatmi, S.E., M.M. – Tim Kewirausahaan LLDIKTI V Yogyakarta, Mentor Bisnis, Angel Investor

Webinar ini menghadirkan Suyatmi, S.E., M.M. (Tim Kewirausahaan LLDIKTI V Yogyakarta, Mentor Bisnis, Angel Investor) dan Andrean Nurdiansyah, S. Kom. (CEO PT. Media Inovasi Berkah Nusantara, Sertifikat Productivity Specialist, Digital Marketing Expert) sebagai nara sumber, dipandu oleh Annisa Alivia Wibowo (Pengurus BEM FES 2022) sebagai MC dan Shinta Aulia Veronicha Putri (Pengurus BEM FES 2022) sebagai moderator.

Slide Presentasi
Materi – Pengembangan Ide Kreativitas

Dalam sambutannya Dekan FES UNJAYA Edhy Tri Cahyono, S.Si., M.M. menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para panitia dari BEM FES Unjaya yang yang menyelenggarakan kegiatan webinar kewirausahaan ini. Disampaikan oleh beliau bahwa berwirausaha itu selain bisa menjadi jalan untuk memperoleh peluang penghasilan yang lebih besar dibanding menjadi karyawan biasa juga merupakan pilihan profesi yang mulia karena bisa membuka lapangan kerja sehingga apa yang dilakukan tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga memberi manfaat bagi orang banyak. Dengan menjadi wirausaha terbuka peluang besar bisa mencapai kebebasan finansial di masa depan. Namun untuk menjadi wirausaha tentu tidak cukup hanya bermodalkan keberanian dan semangat saja, tapi perlu juga ilmu yang tepat, terlebih berwirausaha di era industry 4.0 yang secara umum membuka banyak kemudahan tetapi sekaligus juga ada tantangan tersendiri untuk bisa meraih sukses dalam menjalankan usaha.

Pembicara 2
Andrean Nurdiansyah, S. Kom. – CEO PT. Media Inovasi Berkah Nusantara, Sertifikat Productivity Specialist, Digital Marketing Expert

Selanjutnya pembicara pertama Suyatmi, S.E., M.M., dalam paparannya menyampaikan konsep-kosep mendasar terkait pemahaman akan wirausaha yang perlu dipahami oleh para mahasiswa, sekaligus juga dibahas bagaimana dalam dalam posisinya sebagai mahasiswa atau pemula bisa mulai melangkah dan meraih suskes di dunia wirausaha. Disampaiakan juga bahwa untuk meraih keberhasilan memulai sebuah bisnis, diperlukan pengetahuan dasar tentang tiga poin berikut ini, yakni product knowledge, market knowledge, management business process knowledge.

Slide Presentasi
Materi – Growth Hacking

Andrean Nurdiansyah, S. Kom. sebagai pembicara kedua menyampaikan, dalam memperluas jangkauan dalam penawaran produk, dapat memanfaatkan media digital. Platfrom Marketplace menjadi salah satu alternatif paling mudah yang dapat digunakan. Selain itu, untuk menjangkau costumer dari kalangan muda dapat memanfaatkan media sosial. Namun, digital marketing bukanlah hal sepele yang dapat mengubah keadaan secra instan, melainkan sebuah media yang perlu digunakan secara optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk membangun digital marketing yang maksimal, frameworks yang digunakan adalah funnel marketing yang terdiri atas lima tahapan yaitu awareness, consideration, conversion, loyalty, advocacy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.